autoAds

Tuesday, July 10, 2012

15 FAKTA OTAK MANUSIA DAN CARA MENGOPTIMALKANNYA


Otak (bahasa inggrisencephalon) adalah pusat sistem saraf (bahasa inggriscentral nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya.
Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia

Inilah 15 fakta yang luar biasa mengenai otak manusia:



1.Untuk menyamai kemampuan otak, maka kita harus membuat komputer yang besarnya bisa mencapai 5 kali ukuran lapangan sepak bola, padahal otak kita mampu melakukan fungsi luar biasanya hanya dengan tenaga listrik 23 watt (irit banget kan untuk zaman kenaikan TDL?)

2.Semua emosi/perasaan Anda, ternyata diproduksi oleh otak Anda. Tepatnya di sebuah bagian yang disebut dengan Amygdala.

3.Setiap hari ada sekitar 85.000 neuron yang hilang dari otak kita. terutama neuron-neuron yang tidak pernah kita pakai.

4.Besar otak seseorang tidak menentukan kepandaiannya. Seseorang disebut pandai tergantung dari seberapa banyak KONEKSI yang terjadi antar neuron.

5.Jika otak tidak mendapat oksigen selama 5-10 menit, otak akan mengalami kerusakan parah.

6.Otak TIDAK BISA membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Imajinasi Anda seringkali dianggap kejadian sungguhan oleh otak Anda. Inilah dasar ilmiah dari pentingnya melakukan visualisasi positif.

7.Sesuatu yang bersifat sangat emosional akan jauh lebih kuat terekam dalam memori otak kita.

8.Informasi bisa diproses oleh otak Anda secepat 120 meter/detik. Begitu cepatnya sampai Anda seringkali tidak sadar prosesnya.

9.Alkohol bisa memperlemah hubungan koneksi antar neuron yang membuat kemampuan berpikir dan memori Anda melemah.

10.Otak tidak memiliki sensor rasa sakit, sehingga otak tidak bisa merasakan sakit.

11. Otak tetap aktif meskipun kepala sudah terpenggal
Berdasarkan pengamatan beberapa kisah diketahui bahwa otak manusia bisa tetap aktif selama beberapa detik setelah kepalanya dipenggal. Namun para dokter percaya bahwa hal tersebut merupakan refleksi kedut otot.

12. Otak bisa mempelajari pesan bawah sadar
Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari alam bawah sadar seseorang sehingga nantinya akan mempengaruhi perilaku dari orang tersebut. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai ajang promosi untuk mempengaruhi seseorang agar mau membeli produknya.

13. Obat-obatan bisa menyebabkan lubang di otak.
Salah satu penelitian menyatakan bahwa penggunaan obat seperti mariyuana bisa menghilangkan sedikit memori, sedangkan untuk obat seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak. Sebenarnya satu-satunya hal yang dapat menimbulkan lubang di otak adalah akibat adanya trauma atau benturan fisik.

Selain itu sebuah studi dari New Scientist menyatakan penggunaan obat-obatan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan tidak normal dari otak yang bersifat permanen, karenanya sulit untuk mengubah perilaku dari seorang pecandu.

14. Otak manusia berwarna abu-abu.
Beberapa bagian dari tubuh memiliki warna tersendiri untuk darah, jaringan, tulang atau cairan lain. Tapi jika otak manusia diawetkan dalam stoples meskipun masih berdenyut kebanyakan berwarna abu-abu, karena itu seluruh otak kadang disebut sebagai materi abu-abu. Namun otak juga tetap mengandung materi putih yang terdiri dari serat saraf untuk menghubungkan materi abu-abu.

Sedangkan komponen yang berwarna hitam disebut dengan substantia nigra yang merupakan neuromelanin hitam, yaitu pigmen khusus yang sama dengan warna kulit dan rambut dan merupakan batas dari bagian basal ganglia.

15. Otak manusia merupakan otak yang paling besar.
Beberapa binatang bisa menggunakan otaknya untuk melakukan berbagai hal yang dilakukan oleh manusia. Tapi sebenarnya otak manusia berukuran paling besar dibandingkan dengan otak binatang manapun. Rata-rata berat otak manusia dewasa sebesar 1,361 kilogram, berat ini hampir sama dengan binatang lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.


Pada saat lahir seorang bayi memiliki 1.000.000.000.000 sel otak (neuron). Bandingkan dengan jumlah penduduk bumi abad 21 sebanyak 6.000.000.000. Ini berarti dalam kepala bayi terdapat sel otak sebanyak 166 kali lipat jumlah manusia yang tinggal di planet ini.

Tiap sel otak memiliki ratusan dan ribuan cabang atau tentakel yang mirip sekali dengan gurita yang berukuran mikro.

Masing-masing tentakel ini berisi jamur atau spina dendrit yang mengandung ribuan zat kimia. Inilah yang membawa pesan diantara sel otak, semua informasi dalam setiap pikiran, setiap pengalaman belajar, dan setiap daya ingat yang dimiliki. 
Beda manusia normal dengan jenius…

“Rata-rata manusia menggunakan 3% kapasitas otaknya dan jenius menggunakan 4%” 
Dengan begitu kita hanya perlu meningkatkan kemampuan otak kita sebanyak 1% saja untuk menjadi jenius.
Dan di bawah ini beberapa cara sederhana untuk mengoptimalkan otak kita.


1) Olahraga
Lakukanlah olahraga secara teratur karena bisa mencegah penurunan fungsi otak. Tim peneliti dari Beckman Institute, University of Illinois, Amerika Serikat, me-review beberapa penelitian tentang hubungan olahraga dengan fungsi otak. Mereka menemukan bahwa aerobik bisa meningkatkan kerja otak dan menambah volume jaringan pada otak. Selain aerobik, berjalan juga cukup efektif mengoptimalkan kerja otak. Berjalanlah minimal tiga kali dalam satu minggu selama 30 - 50 menit. Tidak hanya membuat badan menjadi sehat, kerja otak Anda semakin maksimal.

2) Sikat Gigi


 
Menurut tim dari British Psychiatrists and Dentists, kesehatan gigi dan mulut berhubungan langsung dengan kesehatan otak. Hal itu diketahui setelah tim melakukan survei pada beberapa orang berusia 20 hingga 59 tahun. Peneliti menemukan bahwa gingivitis (peradangan gigi) dan penyakit gigi lain berefek buruk pada fungsi kognitif otak seseorang di kemudian hari. Sikat gigi setiap Anda selesai makan. Jangan biarkan sisa makanan menempel di gigi karena bisa memicu lubang pada gigi.

3) Bermain Puzzle/Video Games
 
 
Anda bisa menemani anak Anda bermain video games atau bermain puzzle sendiri. Dengan menyusun puzzle atau bermain video games, akan merangsang kemampuan kognitif otak. Percobaan yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Alabama, yang melibatkan 3.000 lansia laki-laki dan perempuan, menunjukkan bahwa setelah bermain puzzle selama 60 hingga 75 menit otak bekerja lebih optimal. Saat waktu senggang, bermainlah puzzle, mengisi teka-teki silang atau bermain video games seperti Play Station (PS). Kegiatan tersebut bisa memberikan tantangan pada otak Anda. Agar suasana seru, ajaklah pasangan, teman, atau anak Anda.

4) Meditasi


Tidak hanya mengurangi stres dan tekanan pada pikiran, meditasi juga meningkatkan kerja lapisan korteks pada otak. Hal itu diketahui dari penelitian yang dilakukan tim dari Massachusetts General Hospital. Penelitian menunjukkan, seseorang yang sering bermeditasi maka kerja lapisan korteksnya lebih maksimal dibandingkan yang tidak bermeditasi. Meditasi baiknya dilakukan 30 menit setiap hari. Duduk diatas kursi atau duduk di lantai dengan posisi bersila, pejamkan mata, ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan buang secara perlahan melalui mulut.

5) Melatih Kinerja Otak Kiri dan Kanan
Melatih menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri sangat penting. Otak kanan biasanya berisi hal-hal yang bersifat emosional, seni, dan berperasaan. Sedangkan otak kiri lebih bersifat rasional dan abstrak. Umumnya, otak sebelah kanan banyak digunakan oleh perempuan, dan otak kiri lebih banyak digunakan laki-laki.
                                 
Seringkali, kita lebih cenderung menggunakan organ tubuh sebelah kanan. Penggunaan organ tubuh sebelah kanan dalam waktu yang terus menerus, dapat menyebabkan otak kiri terbebani. Hal ini terjadi, karena sistem kerja otak dan tubuh kita menyilang. Kondisi yang demikian menyebabkan otak kanan dan otak kiri menjadi timpang, tidak seimbang.







No comments:

Post a Comment